Abdi, Sang Duta Agroteknologi USK (Kategori : Alumni Series)

       “Every year you have to create your own history”…. Untaian kalimat ini menjadi motivasi bagi seorang Abdi dalam menghabiskan masa mudanya. Tidak hanya di kampus, Abdi membuktikan bahwa dia mampu sukses di luar kampus. Sebut saja Ajang kompetisi bergengsi bagi pemuda/i Aceh yaitu Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Aceh Tahun 2022. Abdi mampu meraih predikat terbaik sebagai Juara 1 pada ajang yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh.

Abdi Duta Baca 2022Gambar 1. Penghargaan Juara 1 Duta Bahasa Provinsi Aceh 2022

       Abdi Kurniawan terlahir sebagai anak laki-laki yang tangguh dari sebuah keluarga kecil di Kabupaten Aceh Barat. Sejak tahun 2013, Abdi memilih merantau ke Ibu Kota Provinsi Aceh. Bermodalkan semangat dan tekad meraih cita-cita menjadikan Abdi sebagai pemuda yang memiliki pola pikir dewasa dan berwawasan luas. Abdi Kurniawan tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.

       Periode awal menyandang status sebagai mahasiswa, Abdi mulai memetakan proposal hidup bagaimana strategi produktif di kampus dan luar kampus. Sejak semester pertama kuliah, Abdi sudah menjadi delegasi Aceh untuk kompetisi final Alpha Zetizen of The Year go to New Zealand di Jawa Timur 2016, lalu di tahun 2017 ia juga terpilih menjadi delegasi Aceh untuk Jambore Nasional #BebasSampah. Berbagai prestasi mulai diraihnya, Hal ini dibuktikan dengan predikat Juara 1 Agam Kota Banda Aceh Tahun 2018. Tidak berhenti sampai disitu, di tahun 2019 Abdi juga berhasil menjuarai Runner Up ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi dan menjadi perwakilan Fakultas untuk kompetisi tahap Universitas Syiah Kuala. Pandemi covid-19 yang melanda dunia di tahun 2020 sempat menghentikan mimpinya, hingga pada akhirnya di tahun 2021 Abdi berhasil terpilih menjadi Earth Optimism Ranger asal Aceh yang bergerak dibidang konservasi di Bali dan Sulawesi Utara oleh US. Embassy Jakarta.

Gambar 2. Abdi dengan pakaian Almamater kebanggaan USK

       Pemuda tampan berkulit sawo matang ini memiliki prinsip hidup “Jangan pernah berhenti berproses dan tetaplah bermanfaat untuk sekitar”. Selain itu, Abdi mampu memenangkan kompetisi bergengsi tingkat Provinsi setelah keluar sebagai Juara 1 Duta bahasa Provinsi Aceh 2022 dan akan melanjutkan perjuangannya ditahap Nasional di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nantinya. Kita doakan Abdi mampu membangkitkan literasi di kalangan pemuda-pemudi Aceh dan membawa nama harum Aceh dikancah nasional. Abdi juga berpesan kepada anak muda untuk terus menggali dan mengenali potensi diri dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin karena itu merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup menurutnya.

Demikian kisah singkat salah seorang Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh. Semoga dapat menginspirasi mahasiswa lainnya. 

Info FP Unsyiah

09 December 2022

Fan Page Agroteknologi