“Dosen Agroteknologi USK Raih Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022”

LPPM USK.jpegBanda Aceh—Sejumlah 12 staf pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala berhasil memenangkan program Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 yang diadakan Universitas Syiah Kuala.

Program ini merupakan program tahunan dari kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh dalam meningkatkan kualitas SDM tenaga pengajar di lingkungan USK. Tahun ini setidaknya terdapat 40% dari 30 dosen Agroteknologi berhasil memenangkan program hibah tersebut. Dr. Ir. Syamsuddin, M.Si selaku Ketua Prodi Agroteknologi USK memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas prestasi yang diraih 12 dosen dalam lingkungan Prodi Agroteknologi. “Ini merupakan prestasi yang sangat baik di awal Tahun 2022 bagi Prodi ini. Dengan adanya prestasi ini dapat mendukung Bapak/Ibu dosen mewujudkan tridarma Perguruan Tinggi yang menjadi tugas utama seorang dosen”, tandas ketua prodi yang sedang menjabat periode kedua ini.

dosen raih hibah.png

Berikut daftar judul, kategori dan nama-nama dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian USK yang berhasil memenangkan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di lingkungan Universitas Syiah Kuala Tahun 2022 antara lain:

  1. Prof. Dr. Ir. Sabaruddin, M.Agr.Sc dengan judul “Analisis keberadaan gen sd-1 dan xa-27 pada bc4f2 tg/irbb27 serta implikasinya terhadap karakter agronomis dan ketahanan hawar daun bakteri”, termasuk dalam kategori Penelitian Profesor.
  2. Prof. Dr. nat. tech. Syafruddin, S.P,. M.P dengan judul “Teknik perbanyakan pupuk hayati mikoriza dan adopsi inovasi sebagai biofertilizer dan bioprotektor untuk peningkatan produksi nilam organik pada tanah entisol Aceh Besar”, termasuk dalam kategori Penelitian Unggulan Universitas Syiah Kuala serta judul “Pengabdian berbasis produk melalui perbanyakan pupuk hayati mikoriza sebagai biofertilizer dan bioprotektor untuk peningkatan produksi cabai di Ie Suum Aceh Besar”, termasuk kategori Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Produk.
  3. Dr. Ir. Cut Nur Ichsan, M.P dengan judul “Ketahanan salinitas dan kekeringan tanaman padi (Oryza sativa L.) dengan pemberian amelioran untuk mitigasi global warming”, termasuk dalam kategori Penelitian Calon Profesor.
  4. Dr. Ir. Elly Kesumawati, M.Agric.Sc. dengan judul “Identification of Risistance Gene Pepy-1 to Bego,ovirus in Hybridized Chili Pepper (Capsicum annum L.) Under Natural Field Condition”, termasuk kategori Penelitian berbasis H-Index.
  5. Halimursyadah, S.P., M.Si dengan judul “Kajian Kekerabatan Filogenetika Secara MolekIuler Dalam Identifikasi Rhizobakteri Indigenous dari Rizosfir Nilam”, termasuk kategori Penelitian Lektor Kepala.
  6. Dr. Ir. Gina Erida, M.Si dengan judul “Isolasi Senyawa BIoherbisida Babadotan (Ageratum Conyzoides L) Terhadap Pertumbuhan Gulma Bayam Duri (Amarathus spinosus L.)” termasuk kategori Penelitian Lektor Kepala.
  7. Dr. Rita Hayati, S.P., M.Si dengan judul “Teknologi Pascapanen Berbasis Sinar Inframerah untuk Pengujian Kualitas Kakao (Theobroma cacao L.) Secara Cepat dan Non-destruktif” termasuk kategori Penelitian Lektor Kepala.
  8. Dr. Ir. Syamsuddin, M.Si dengan judul “Pengembangan Rizobakteri Isolat Indigenous Aceh sebagai Agensia Pengendalian Hayati Patogen melalui Biological Seed Treatment pada Tanaman Hortikultura” termasuk kategori Penelitian Lektor Kepala.
  9. Dr. Taufan Hidayat, S.Si., M.Si dengan judul “Potensi pengembangan nilam Aceh hemat air pada intensitas cahaya rendah sebagai upaya adaptasi perubahan iklim ekstrim”, termasuk kategori Penelitian Lektor.
  10. Dr. Zaitun, S.P., M.Si dengan judul “Pengaruh modifikasi iklim mikro dan media tanam pada budidaya tanaman terhadap pertumbuhan, produksi, dan peningkatan kualitas produk tanaman sayuran”, termasuk kategori Penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  11. Prof. Dr. Ir. Hasanuddin, M.S dengan judul “Penggunaan lalandak dengan menggunakan mesin penggerak sebagai pengendali gulma pada tanaman padi sawah”, termasuk kategori Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Produk.
  12. Ir. Erida Nurahmi, M.P dengan judul “Adopsi inovasi produk polybag ramah lingkungan (Poraling) untuk usaha pembibitan tanaman hortikultura dan perkebunan di Kota Banda Aceh”, termasuk kategori Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Produk.

Dr. Syamsuddin menambahkan dengan adanya dukungan dana penelitian para dosen tentunya akan menghasilkan berbagai luaran baik berupa produk maupun menghasilkan publikasi-publikasi pada jurnal nasional dan internasional terakreditasi/terindeks. “Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan”, tutup dosen ahli Ilmu Benih Tanaman Fakultas Pertanian USK ini.

Info FP Unsyiah

09 December 2022

Fan Page Agroteknologi